Sabtu, 29 September 2012

SERBA-SERBI INDONESIAKU

"Aku bangga jadi indonesia!" Jangan ragu-ragu mengucapkan kalimat itu, karena banyak yang bisa dibanggakan dari Indonesia. Kita punya pemandangan alam yang indah, kebudayaan yang beragam dan kekayaan alam yang sangat banyak.   Nah sejauh mana teman-teman tahu tentang indonesia? Yuk, kita coba ingat-ingat lagi tentang kelebihan indonesia. Sekaligus mengingat perjuangan para pahlawan yang penuh TUMPAH DARAH DAN AIR MATA. Nah.... sekarang kita ikuti petualangan Serba-serbi Indonesia.

Serba-serbi Indonesia
 Negeri Seribu Candi
Salah satu tujuan wisata dunia adalah ke candi-candi yang tersebar di pulau Jawa, Pulau Sumatra dan Pulau Bali. Candi adalah salah satu warisan leluhur, yang sudah menjadi bagian dari perkembangan kebudayaan indonesia. Pahatan-pahatan batu pada candi adalah rangkaian kisah atau cerita yang merupakan legenda yang dikenal secara turun-temurun. Keberadaan candi membuktikan bahwa di indonesia terdapat situs purbakala dari masa Hindu-Budha.

Negara Pegunungan
Negeri kita memiliki tidak kuranggnya dari 129 gunung aktif. Jumlah tersebut sama dengan 13% jumlah seluruh gunung aktif yang ada di dunia! Wah, negara kita kita kaya  akan gunug juga ternyata. Letak kepulauan Indonesia terjepit diantara 3 lempeng tektonik bumi, lempeng Samudera Indonesia di sebelah selatan, Lempeng Grasial di Utara, dan lempeng Pasifik di Timur. Ketiga lempeng itu menggeser kerak bumi, sehingga memicu kegiatan vulkanik gunung-gunung berapi. Tahu tidak? seandainya semua kawasan gunung berapi di Indonesia dikumpulkan jadi 1, luasnya akan sama dengan seperenam luas daratan Negara kita. Luar biasa ya?

Negeri Kepulauan
Berapakah jumlah pulau besar dan kecil di Indonesia? Banyak sekali. Ada yang mendata  jumlahnya 17.677pulau. Ada juga yang bilang 17.508. Jumlahnya yang pastinya banyak untuk ukuran negara bukan? Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia.Pulau-pulaunya pun masuk ke daftar dunia.Papua yang dulu disebut Irian Jaya dan Negara Kepulauan Nugini menjadi pulau terbesar ke-2 di dunia stelag Greenland. Borneo atau Pulau Kalimantan urutan ke-3, Sumatera ke-6, Sulawesia ke-11 dan Pulau Jawa urutan ke-13. Secara greografis, pulau-pulau di Indonesia luas dan besar. Belum lagi pulau-pulau kecilnya. Tak heran kalau negara kita disebut. barisan zamrud khatulistiwa. 9.634 di negara kita belum diberi nama, sementara 6.000-an pulau belum berpenghuni!

Negeri Maritim
Selain diapit oleh dua benua dan tiga lempeng dunia, Indonesia juga diapit dua samudera besar yaitu Samudra Pasifik dan Samudera Hindia. Kalau luas daratan, sayangnya indonesia kalah dari Amerika Serikat. Tapi sebagai negara maritim , Indonesia memiliki perairan seluas 93.000 kilometer persegi, atau hampir seperempat panjang pantai dunia. Indonesia diakui sebagai negara maritim terbesar di dunia, dan diakui oleh UNCLOS (Unites Nation Convention on the Law of the Sea) yang telah diratifikasi oleh Negara-negara dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar