Rabu, 26 September 2012

Sejarah Kerajaan Kutai dan Peninggalan Sejarahnya

INFROMKIN, ini dia artikelnya ya... Semoga bermanfaat nih, Cekidot!

Sejarah Kerajaan Kutai dan Peninggalan Sejarahnya


Kerajaan tertua di wilayah Nusantara adalah Kerajaan Kutai. Kerajaan ini terletak di wilayah provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di sebuah  kota kecamatan yang bernama Muarakaman. Daerah ini yang merupakan daerah percabangan antar Sungai Mahakam dengan sungai Kedang Rantau, Kerajaan ini berdiri pada tahun 400 masehi.
Pendiri kerajaan Kutai adalah Kudunga. Ia adalah orang Indonesia asli yang belum terpengaruh oleh budaya Hindu pada masa itu. Oleh karena itu, ia tidak dianggap sebagai pendiri keluarga kerajaan. Anaknya adalah Aswawarman karena pada masa Aswawarman telah adanya kebudayaan Hindu dan dianggap sebagai pendiri keluarga kerajaan. Sementara raja yang paling terkemuka adalah Mulawarman.
Peninggalan sejarah yang membuktikan Kerajaan Kutai adalah Kerajaan Hindu pertama adalah ditemukannya prasasti berbentuk Yupa menggunakan bahasa sanskerta dan huruf pallawa. (Yupa adalah tiang batu pengikat hewan korban untuk dipersembahakan kepada dewa.)
          Beberapa adalah peninggalan kerajaan Kutai:
1.) Tujuh buah Yupa yang ditemukan di daerah sekitar Muarakaman
2.)Kalung Cina yang terbuat dari emas
3.)Satu arca bulus
4.)Dua belas arca batu.

Dari peninggalan prasasti, diketahui bahwa Kudunga adalah raja Kutai pertama. Digantikan oleh putranya Aswawarman  kemudian lagi digantikan oleh Mulawarman.
Pada masa pemerintahan Mulawarman, kerajaan kutai berkembang pesat sebagai pemeluk adama Hindu yang taat. Beliau menyembah Dewa Syiwa, sedangkan dalam suatu upacara  menghadiahkan 20.000 ekor sapi kepada Brahmana (ahli agama). Peristiwa ini ditandai dengan berdirinya sebuah Yupa. Raja Mulawarman dikenal bijaksana. Rakyatnya pun hidup sejahtera dan makmur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar